Nov 7, 2016

1 Jam Saja @ Great Sale Gramedia

I just get back from Book Fair again! 

Hahaha

*smile ear to ear...

Berita tentang Gramedia Big Sale udah sebulan lalu kudengar. Sudah kucatat tanggal dan tempatnya. Yakni di Komplek Pergudangan Taman Tekno IX Blok D12 B-15 BSD City.
Yuhuuu.. Gak jauh dari rumah (lagi). Kalau bawa mobil sendiri sekitar 20 menitan kalau jam pagi dan lempeng gak pake bonus macetosss.

Anyway.... kegiatan ini berlangsung  dari tanggal 8 November 2016 hingga 22 November 2016. Dari pukul 08.00 - 15.00 wib...

Maka,...

Hari ini, paska anter anak ke sekolah di kawasan Ciputat, aku ngebut donk (nggak dink...pokoke gak noleh kemana-mana) langsung tancap gas ke arah Komplek pergudangan tersebut.

Sempet bingung juga, dimana ya kawasan tersebut?



Aku gunakan Google Maps untuk menemukan pergudangan tersebut. Dan ternyata di sana sudah dipasang tanda petunjuk lokasi Great Sale Gramedianya.. *Good job! Gak susah deh pokoke..

Petunjuk ini sangat membantu ... great job deh !

Aku segera parkir dan menuju gudang tersebut.
Lokasi kegiatan
Ow ow.. Ternyata kudu antri. Dan pake sistem kloter. 1 kloter 100 orang dan setiap 1 kloter dapat id card sesuai warna jam.

Detail aturan main masuknya ada di gambar ini ya...:)

ini aturan mainnya ya :) 

Id Card tersebut harus dipakai selama kita berada di dalam gudang. Oh iya, satu orang hanya dapat jatah 1 jam lho. Jadi kudu sigap. Hehehe..



id card yang wajib digunakan selama hunting buku


Aku sendiri antri dapat kloter ke 3. Padahal udah ngebut. Sampe sana jam 9.15 dan harus nunggu 45 menit. Karena giliranku adalah pada pukul 10.00 sampai 11.00 wib. 

Baiklah. 
Ikutan antri. Anak kecil di sebelahku ini antusias sekali untuk masuk 

Kuperhatikan sekitarku, kebanyakan anak-akan muda dan keluarga kecil. Duuuh itu ada yang ngeliburin anaknya atau gimana ya? hihihi...
Dan beberapa malah bawa anak batita... Aku senyum-senyum ngelihat kelakuan anak-anak yang sudah tak sabar ingin mencium aroma buku dan mendapatkan buku-buku baru dari orang tua mereka. 

Ketika pukul 10 teng... Kami dipersilahkan masuk. Alhamdulillah tertib euy... Senangnya kalau gini... rasanya aman dan nyaman beli buku. Meskipun faktanya di dalam gudang panaseeee...hahaha


Ini tampak depan gudang. Satpamnya baik dan sigap membantu menjelaskan aturan main great salenya
Aku sibuk ngelap hidung dan muka dengan hijabku. Ah..., apa boleh buat, aku lupa bawa tisu atau handuk...hihihi.. Tangan juga segera saja jadi kotor karena debu yang menempel pada buku-buku. Beruntung aku nggak terlalu alergi debu. Jadi gak gitu khawatir. Meski tanganku sering kubersihkan pakai tisu basah. 

Buku-bukunya sendiri ditumpuk dalam kotak-kotak besar. Harus ektra hati-hati memilih dan memilah bukunya. Targetku sih hanya buku anak-anak. Dan beneran surga bagi anak-anak sih Great salenya. 80 persen rata-rata buku dengan target anak-anak sebagai pembaca. Rata-rata buku anak-anak di kisaran 5000 rupiah. Beberapa buku yang harganya 10 ribu kuperhatikan adalah buku yang tebal dan memiliki nilai lebih lama dari segi usia kualitas buku. Yakni terkait ketebalan buku serta isi buku. 

salah satu sisi gudang


Seperti 10 buku pengetahuan yang kubeli dengan harga 100 ribu semuanya. Ini adalah jenis buku yang bertahan lama, terutama dari segi isi, karena pengetahuan yang menarik perhatian gak hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa. 

9 buku tebal berisi pengetahuan ini hanya 90 ribu saja

Waktu yang diberikan hanya satu jam itu sebetulnya relatif cukup tidak cukup. Jika huntingnya buku2 tertentu rasa-rasanya cepat sekali waktunya. Kalau aku sih, karena sudah niat milih buku untuk anak-anak, jadi fokus aja terkait buku anak-anak. 

Hanya, kalau pas lagi nyari itu, ketemu buku utk umum atau buku orang dewasa, dan bagus... ya segera masuk kantong.

Terus terang, peluhku sungguh mengalir. Memang harus dibatasi kehadiran per kloternya deh. Semakin naik matahari, semakin panas menyertai. Bisa jadi karena model gudang tersebut dan juga karena kipas anginnya terbatas sekali. *Jangan dibandingkan dengan Bad Wolf Book Fair yang di ICE kemaren yang lumayan kencang AC nya.. hehehe


Tadi aku sempat ngumping pembicaraan ibu dan anak di salah satu box buku tersebut. 

"Bund... Bunda punya uang berapa banyak?"tanya si anak sambil memperbaiki letak kacamatanya. 

Bundanya diam dan tangannya sibuk memilah buku.

"Bund, duit Bunda berapa banyak? Sejuta?" desak anak laki-laki tersebut.

Bundanya berhenti memilih, lalu tersenyum ke arah si anak. 

"Emangnya kenapa, Nak?" 

"Kalau banyak, aku kan bisa milih lebih banyak lagi." jawab anak tersebut sambil nyengir penuh harap. 

Aku tersenyum ke arah Bundanya. Si Bunda tersenyum geli ke arahku. Mataku menunjukkan rasa maklum dan senang atas sikap anak yang suka membaca tersebut. Tak kuikuti lagi percakapan mereka. Aku pindah box lain. Aku rasa aku tak perlu tau budget si Bunda tersebut. Mudah-mudahan semua buku pilihan anak tersebut berhasil masuk kantong belanjaan Bundanya. Hehehe....

Akhirnya, setelah berpindah ke beberapa box, dan terus terang belum semuanya aku datangi, kuputuskan cukup, saat salah satu penjaga bazar buku tersebut berteriak "Tinggal 15 menit lagi!"

Dan segera kubawa kantong hitam berisi buku pilihanku menuju Kasir. Ada sekitar 4 atau 5 kasir tadi. Dan bisa bayar pake kartu kredit atau debit atau cash. Gak ada aturan khusus di kasirnya. 


Mari kita lihat, berapa uang untuk semua buku cakep ini? 

Takjub sekaligus miris juga sebetulnya, saat menemukan beberapa buku tulisan teman-teman sesama penulis cerita anak. Beberapa kuambil karena ada yang belum kumiliki, beberapa yang aku sudah punya, kurekomendasikan ke ibu-ibu di sebelahku, kalau buku tersebut layak untuk dibeli.

Akhirnya, aku berhasil membawa pulang 48 judul buku. Dan total belanjaku 335.000 rupiah. 80 persen buku untuk anak-anak. Dan sisany adalah buku tentang kisah-kisah nyata yang menarik perhatianku. 


Buku-buku bagus ini membutuhkan dana 335.000 rupiah


Berikut ini tips dan trik dariku jika hendak ke Great Sale Gramedia : 



1. Pastikan punya target buku, karena target buku menentukan juga pengeluaran atau budget. Jika budget kurang dari 100 ribu, dan menginginkan buku-buku yang long life time, pilihlah buku-buku jenis pengetahuan atau ensiklopedia. Harganya dipatok 10 ribu satu untuk jenis buku tersebut.

2. Lebih baik datang pagi. Karena kondisi gudang dengan atap sejenis seng atau apa itu. Semakin siang semakin panas, dan kipasnya gak banyak. Selain itu, karena sistem pembagian kloter, membuat kita harus lebih cepat datang, agar mendapat giliran lebih dulu.

3. Bisa mengulang kembali belanja jika sudah 1 jam, dengan mengambil kembali id card ke petugas. Ini jika memang belum puas, patut dilakukan kembali. Tidak ada larangan untuk itu.

4. Terus terang, aku nggak rekomendasikan bawa balita sih. Kecuali pagi hari. Soale panas dan banyak debu. Tapi kalau mau bawa juga, ya pastikan mereka tidak ikut memegang buku-buku dan bawa botol minum, karena kasihan mereka kalau kepanasan.

5. Selama menunggu giliran, selain foto dan update status, juga bawa aja buku sendiri. Lumayan waktu 1-2 jam antri bisa gak kerasa lho kalau dibawa baca. :) oh iya, jangan lupa bawa tisu ya.. buat ngelap keringet, dan tisu basah, untuk ngelap tangan yang akan segera kotor karena memilah buku.

6. Fokuskan pada buku yang disukai atau target pembacanya siapa. Karena itu memudahkan memilah. Mengingat buku-buku diletakkan dalam box-box besar dan berantakan. Hanya sedikit yang diletakkan di rak-rak buku.

7. Jangan merusak buku ya. Memilihlah dengan baik. Jika ada yang jatuh dari box, ikhlaskan satu gerakan tubuh untuk tergerak mengambil buku tersebut dan meletakkannya kembali ke box. :)

8. Aku pribadi hanya fokus pada buku anak-anak. Sehingga tak semua box kudatangi. Aku cukup berdiri dan memilah buku satu demi satu, menyusunnya setumpuk demi setumpuk. Dengan demikian, gak jarang, aku menemukan buku-buku yang bagus di bagian bawah. Jadi berasa kayak dapat harta karun. Karena kadang-kadang buku dengan judul itu hanya ada 1 buah.

9. Kusarankan bawa kendaraan pribadi. Karena masuk ke wilayah ini gak ada angkutan umum. Paling tidak naik Ojek online atau taksi deh... Apalagi kalau niat mau borong... Jangan harap yakin hanya belanja 1 plastik. Bisa-bisa berkardus-kardus. Apalagi yang punya niat untuk dikasih ke perpustakaan, atau ke sekolah atau menambah koleksi perpustakan pribadi. Bakalan berat bawaan pas pulang. Mending sekalian bawa tas punggung atau koper tarik deh...hehehe

Baiklah...Demikian ceritaku hari ini...

Selamat hunting buku di Great Sale Gramedia yaaa

Hasil buruanku hari ini :) 

*Pamulang, On The First Day :)










Patah Hati Berbuah Domain Diri

Berdiri di samping banner buku " Dan Akupun Berjilbab" yang aku susun.
Isi buku ini berasal dari lomba "Jilbab Pertama"
yang aku gusung di Multiply tahun 2010, terbit 2011 akhir dan best seller di tahun 2012.


Aku sudah lama mengenal blog. Sekitar awal tahun 2004. Sebelumnya cukup rajin menuliskan kisah dan curhatan hati di blog milik (alm) Friendster.

Belajar ngeblog dengan lebih rutin justru di Blogspot, dan kemudian makin intens di Multipy, yang sebentar lagi akan "membunuh diri".

Aku benar-benar patah hati, ketika tahu Multiply tak akan lama bisa dinikmati. Nyaris pertengahan bulan Ramadan tahun 2012, aku menghentikan tulisanku di sana. Sibuk menyimpan file-file dan akhirnya migrasi ke Blogspot lamaku, dan menjajal areal baru di Wordpress.


Tapi aku kehilangan gairah ngeblog.
read more