Oct 23, 2016

(Info Jalan Jalan) Travelling ke Bangka Belitung? Ke Sini Tempatnya!



Liburan panjang mulai bisa dihitung dengan minggu sekarang. Sebentar lagi kita akan bersiap menyambut liburan! Bagi keluarga yang demen traveling, maka, berlibur jika tidak dimanfaatkan untuk traveling, layaknya sayur tanpa garam, hambar! Apalagi traveling itu banyak manfaatnya, selain menyenangkan, juga menjadikan pikiran lebih positif dan meningkatkan kreativitas. (menurut sebuah penelitian yang kubaca).

Sebelum traveling kita harus menentukan tempat wisata mana saja yang ingin dikunjungi. Hal ini harus dimasukkan ke dalam itinerary agar liburan berjalan dengan baik. Nah, salah satu kawasan wisata alam yang mencuri perhatianku adalah Bangka Belitung. Apalagi sejak membaca buku Laskar Pelangi. Belum lagi postingan teman-teman yang sudah pernah main ke sana. Bangka Belitung cukup recommended untuk dikunjungi. Dan, jangan lupa untuk segera pesan Lion Air via online untuk transportasi kita agar dapat harga diskon atau harga promo. Kan asyik tuh, traveling dengan tiket pesawat berharga promo....:)





Nah, aku lalu mencoba mencari tahu nih. Wisata alam di Bangka Belitung yang keren untuk diabadikan dengan lensa kamera. Ternyata banyak lho... Berikut, 5 lokasi yang patut kukunjungi nih kalau ke Bangka Belitung. 

1.       Pantai Parai Tenggiri

gambar pinjem dari sini




Pantai Parai Penggiri merupakan salah satu pantai yang keren dan patut dikunjungi saat traveling ke Bangka Belitung. Meski Lokasinya berada di Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung atau sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bangka Belitung, Namun,  Pantai ini merupakan salah satu yang terindah di Bangka Belitung. Selain pemandangannya yang eksotis, permukaan pantai ini juga cukup landai dengan ombak yang cukup tenang.

Salah satu keunikan Pantai Parai Tenggiri yakni memiliki batu granit dengan ukuran yang cukup besar. Bentuknya juga unik dan jumlahnya cukup banyak. Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini selain menikmati pemandangannya dan bermain air adalah bermain banana boat, snorkeling, parasailing dan lain-lain.

2.       Pantai Tanjung Pesona

gambar pinjem dari sini

Ternyata, Pantai Tanjung Pesona adalah salah satu pantai favorit bagi masyarakat Bangka Belitung. Lokasinya yang cukup strategis dan akses yang mudah dijangkau menjadi alasannya. Hanya perlu waktu sekitar 15 menit dari kota Sungailiat atau sekitar 45 menit dari Pangkalpinang untuk sampai ke pantai ini.  Alamat Pantai Tanjung Pesona berada di Jalan Pantai Rebo, Sungailiat, Bangka Belitung.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Tanjung Pesona antara lain bermain banana boat, kano, jetski, berenang, memancing dan bermain speedboat. Pokoknya, banyak orang yang sudah berpesan, agar jangan lupa, pastikan untuk menikmati pesona Pantai Tanjung Pesona saat berlibur ke Bangka Belitung!

3.       Pantai Penyusuk

gambar pinjem dari sini


Pantai lainnya yang juga cukup recommended untuk dikunjungi saat traveling ke Bangka Belitung adalah Pantai Penyusuk. Lokasinya ada di Pulau Bangka bagian utara tepatnya di Jalan Penyusuk, Belinyu, Bangka Belitung. Panoramanya juga cukup indah dengan batu granit di sekitarnya yang seolah-olah membentuk ceruk di pantai ini. Keberadaan empat buah pulau yang berjajar juga semakin menambah eksotis pemandangan di Patai Penyusuk.

Aktivitas favorit di Pantai ini adalah berenang dan bermain air. Jika ingin singgah ke empat pulau tersebut, bisa dengan menyewa perahu nelayan dengan harga berkisar 150 ribu sampai 250 ribu. Dijamin koleksi foto keren kita bakalan bertambah saat traveling ke sini!

4.       Gunung Menumbing

gambar pinjem dari sini 


Selain banyak Pantai, ternyata, Bangka Belitung memiliki obyek wisata alam berupa gunung yang juga tak kalah indah. Salah satunya adalah Gunung Menumbing. Lokasinya berada di arah barat laut Pulau Bangka tepatnya daerah Mentok. Gunung ini tidak terlalu tinggi, tingginya hanya 355 mdpl.  Gunung ini merupakan tempat pengasingan presiden Indonesia yang pertama, Bung Karno dan wakilnya Bung Hatta sekitar tahun 1948 – 1949.

Di Gunung Menumbing, terdapat wisma yang dulunya adalah tempat Bung Karno dan Bung Hatta diasingkan. Sampai dengan saat ini wisama tersebut masih cukup terawat keberadaannya. Wah asyik nih, selain istirahat dan melihat pemandangan pegunungan, kita bakalan bisa napak tilas sejarah dua pemimpin negara kita ya!

5.       Pulau Memperak

gambar pinjem dari sini 

Obyek wisata berupa pulau yang satu ini belum banyak diketahui oleh wisatawan, Pulau Memperak namanya. Lokasi Pulau ini ada di Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung. Pulau ini terkenal dengan keindahan pemandangannya yang masih ‘perawan’. Air lautnya berwarna biru kehijauan dan masih cukup bersih. Biota bawah lautnya juga tak kalah indah, sehingga cocok untuk kamu yang hobi snorkeling.

Nah, kalau udah lihat info lokasi wisata yang keren-keren gini, rasanya sudah tak sabar lagi menanti liburan segera datang ya.... Yuk, kita kunjungi, atau masukkan ke dalam list wilayah yang akan segera dikunjungi. Medsosmu bakalan penuh deh dengan koleksi foto keren dari lokasi wisata Babel nih!


                                                                     ***







Patah Hati Berbuah Domain Diri

Berdiri di samping banner buku " Dan Akupun Berjilbab" yang aku susun.
Isi buku ini berasal dari lomba "Jilbab Pertama"
yang aku gusung di Multiply tahun 2010, terbit 2011 akhir dan best seller di tahun 2012.


Aku sudah lama mengenal blog. Sekitar awal tahun 2004. Sebelumnya cukup rajin menuliskan kisah dan curhatan hati di blog milik (alm) Friendster.

Belajar ngeblog dengan lebih rutin justru di Blogspot, dan kemudian makin intens di Multipy, yang sebentar lagi akan "membunuh diri".

Aku benar-benar patah hati, ketika tahu Multiply tak akan lama bisa dinikmati. Nyaris pertengahan bulan Ramadan tahun 2012, aku menghentikan tulisanku di sana. Sibuk menyimpan file-file dan akhirnya migrasi ke Blogspot lamaku, dan menjajal areal baru di Wordpress.


Tapi aku kehilangan gairah ngeblog.
read more