Apr 27, 2017

Kagum Pada Celoteh Keni


Cover Buku Celoteh Keni Yang Menarik Banget


Buku ini memang beda.

Selama hunting atau beli buku untuk anak-anak, atau buku yang ditulis oleh anak-anak di Indonesia, buku Celoteh Keni ini sungguh menarik perhatianku. 

Bukan sekedar cover bukunya yang sudah membuat kita ingin memegangnya, namun juga karena isi yang cukup bervariasi, cerdas dan bermanfaat. 

Tapi, sebetulnya, aku tidak akan pernah heran, jika seorang anak usia 8 tahun yang kreatif seperti Kenia Dyanti Sukmarini alias Keni ini, mampu membuat buku seperti ini. Faktor utama tentu daya kreatif Keni yang bagus dan didukung oleh Faktor kedua, yakni Seorang Ibu yang sangat sigap mengendus kemampuan tersebut, sehingga pengumpulan karya-karya Keni  terdata dengan baik. Dan aku tahu, tidak mudah mengumpulkan karya anak, yang monumental seperti itu. :) 

Aku kenal ibunya sejak jaman masih ngeblog di Multiply dulu. Seorang perempuan yang cerdas dan sangat kreatif. Istilah "buah jatuh tak jauh dari pohonnya," dapat diselipkan kepada anak dan ibu ini. 

Sekitar dua tahun lalu, aku melihat postingan Keni dengan tema Kelas Serangga, di facebook Ibunya. Wow!, kala itu aku sudah suka dengan cara Keni membuat karya. Sangat berani dalam bermain warna, dan memiliki pengetahuan dasar yang mumpuni, untuk anak seusianya. 

Aku melihat putriku Billa juga ada kemampuan yang mirip. Meski, aku tidak telaten mengumpulkan karyanya, dan Billa sendiri, tidak sefokus Keni dalam membuat karya. Makanya, saat melihat buku Celoteh Keni, yang lahir dari karya-karyanya berbulan lalu, aku senang sekali. Kutunjukkan buku tersebut pada putriku, dan ia menyambutnya dengan senang. Lembar demi lembar dilihatnya dengan mata berbinar. Demikian, kalau anak yang senang berkreatifitas, melihat buku Keni ini. 

Daftar isi buku ini saja, sudah menunjukkan, jika Keni serius menggarap buku yang berjumlah 172 halaman ini. BIP sebagai penerbitnya juga sangat jeli menyusunnya dengan kertas yang bagus, serta berwarna setiap lembarnya. 

Isi buku ini berbicara tentang keluarga, hobi, hingga karya-karya Keni yang lain. Bagian favoritku adalah komik Keni dan Home schooling. Ada banyak ide yang bisa ditiru, dipelajari dan dijadikan referensi bagi pembaca seusia Keni, atau usia SD pada umumnya.

Hal ini menunjukkan, jika buku ini dapat bertahan lama. Harga buku sepadan dengan usia manfaat buku ini kelak. Aku bisa bayangkan, jika kelak Aam, anakku yang bungsu mulai membaca buku ini, dan ikut tertarik pada isi buku yang bernas sekaligus mewakili usia mereka banget. 

Daftar Isi Buku



Daftar Isi dan Gambar Khas Keni 




Tulisan-tulisan dalam buku ini pun terasa murni dari tangan anak usia 8 tahun. 

Pada halaman 21-22, aku sampai mengelap airmata, saat kubaca tulisan berjudul "Surat Untuk Ibu."

"Ah, Keni. Tulisanmu yang tulus, telah membuat Bunda Billa Aam terharu."

Aku yang bukan ibunya saja, sudah bangga mengenal anak sekreatif Keni dan terarah karyanya. Kebayang deh orang tua dan saudara kembar Keni, si Adit. Pasti berlipat-lipat bangganya. 

Buku ini, dikemas dengan menarik. Ukuran yang aku sukai, karena sama sisinya. Entah kenapa, aku suka buku persegi empat ini. Terkesan tidak monoton. 

Mudah-mudahan, akan ada buku ke 2 dari Celoteh Keni, yang lebih mengarah ke homeschooling. Karena selain pengetahuannya sungguh lebih banyak, juga sepertinya, buku dengan  tema seperti itu belum banyak ditulis oleh anak-anak, bahkan aku belum ketemu di toko buku. 

Sukses selalu untuk Keni. Dinanti karya-karya berikutnya. Dan Selamat utk Dini DK Wardhani, karena regenerasi kreatifitas dalam keluarga terus mengalir dengan arah yang tepat. :) 

Oh iya, berikut video yang menunjukkan sebagian buku Celoteh Keni. Mudah-mudahan bisa dibuka. Isinya keren...:) *Video adalah trailer buku Celoteh Keni yang dibuat oleh pihak penerbit.

Jangan lupa, segera koleksi buku Celoteh Keni ini ya.... Sangat sepadan untuk jadi referensi dan koleksi anak-anak SD.... 






Harga: Rp110.000
Ukuran: 22 x 22 cm
Isi: 172 Hal, AP 100 gr, FC 4/4
Cover: Softcover, AC 260, FC 4/0, Laminating Doff, Spot UV, Jilid Lem
ISBN: 9786023943609
ID Produk: 550000148


No comments:

Post a Comment

Patah Hati Berbuah Domain Diri

Berdiri di samping banner buku " Dan Akupun Berjilbab" yang aku susun.
Isi buku ini berasal dari lomba "Jilbab Pertama"
yang aku gusung di Multiply tahun 2010, terbit 2011 akhir dan best seller di tahun 2012.


Aku sudah lama mengenal blog. Sekitar awal tahun 2004. Sebelumnya cukup rajin menuliskan kisah dan curhatan hati di blog milik (alm) Friendster.

Belajar ngeblog dengan lebih rutin justru di Blogspot, dan kemudian makin intens di Multipy, yang sebentar lagi akan "membunuh diri".

Aku benar-benar patah hati, ketika tahu Multiply tak akan lama bisa dinikmati. Nyaris pertengahan bulan Ramadan tahun 2012, aku menghentikan tulisanku di sana. Sibuk menyimpan file-file dan akhirnya migrasi ke Blogspot lamaku, dan menjajal areal baru di Wordpress.


Tapi aku kehilangan gairah ngeblog.
read more