Jan 14, 2015

Kembali Ngeblog, Setelah Kangen "Go Blog"

Penampakan home multiplyku


Aku kenal blog itu sekitar tahun 2004 atau sebelumnya. Lupa. Nyaris 10 tahun aku menyukai diary online, demikian aku menyebutnya dulu.

Bertahun aku menulis yang gak serius. Hanya curhatan gak jelas, dan tulisan gak terarah.

Lalu aku buat blog unidian, di blogspot. Kalau nggak salah, kubuat waktu aku lagi di Malang. Sempat menulis setiap hari. Lalu ketemu Multiply di tahun 2007, langsung lupa sama Blogspot... Hehehe

Multiply is so cool! Aku pake akun Cambai di sana... *ini juga ada cerita lucu dibalik nama itu.

Aku menemukan dunia menulisku di sini.




Ikutan nulis tentang pengalaman hidup, kenalan dengan banyak penulis keren, nyoba audisi antologi pertama kali, menang berkali-kali lomba flash fiction, menebar kebaikan dengan ikutan kopdar dan komunitas, aaaaah.. Multiply itu gak ada matinya!

Salah satu hasil karyaku bersama teman-teman di Multiply.
Buku ini sempat best seller dan masuk cetakan ke 2 sekarang. 

Eh, tapi mati sih akhirnya Multiply... Hiks..

Tahun 2013, semua MPers bedol desa. aku pindah ke blogspotku lagi.

Aku lama patah hati. Hingga sempat tak ingin punya blog lagi. Namun akhirnya tahun 2013 itu aku memilih menggunakan domain name ku sendiri. maka lahirlah blog www.dianonasis.com.

Kisah tentang lahirnya blog ini ada di link berjudul "Patah hati berbuah domain diri" .

Tak lama kemudian, aku yang aktif di facebook, memilih bergabung dengan Komunitas Kumpulan Emak-emak bloger atau terkenal dengan nama KEB.

Waktu mau gabung, aku colek dulu salah satu adminnya, yang sebelumnya kukenal di komunitas Penulis Bacaan Anak dan satu kelas di Kelas Ajaib 2012. Yakni, nyolek Kak Injul dulu. Minta diaccept di group tersebut.

Setahun berlalu, aku hanya silent reader.

Setiap saat bisa main ke sana, aku ngiler lihat prestasi, isi dan informasi dari para anggota komunitas. Sungguh, betapa bangganya aku melihat para ibu-ibu (ada juga calon ibu-ibu) yang aktif, kreatif dan tanggif...eh tangguh dalam menjalani kehidupan sebagai blogger. Baik sebagai blogger yang sejati hingga imitasi.

Terus terang, kadang ada rasa malu juga. Hanya sesekali muncul dan main di komunitas tersebut. meskipun aku bergabung di blognya, di twitter dan group facebooknya. Karena konsentrasiku belum sepenuhnya pada blog.

Tahun ini, di 2015, aku terpikir untuk pelan-pelan aktif di blog. Meski belum bisa memahami seluk beluk blog dengan benar. Aku tidak paham apa itu SEO, apa itu blogger berbayar? atau apalah namanya yang bisa ngehasilkan uang dari ngeblog? Sungguh, dijelaskan berkali-kalipun, aku masih bingung. Kudu fokus. :D
SEO Basics for Bloggers - 10 Tips for Better Search Engine Optimization | Wonder Forest: Design Your Life.
Kayaknya belajar dari Pinterest.com juga asyik nih

Tentang Pagerank atau apa istilahnya terkait kepopuleran blog, yang berimbas pada banyaknya produsen yang tertarik untuk meminta blog kita mereview. Sungguh aku tak paham dan tak berani bertanya lebih lanjut, karena aku tahu, aku tak bisa membagi waktuku untuk ngeblog, menulis novel, ngajar kelas online daaaan, ngurus dua anak super aktif dalam 24 jam.. hehehe

Akhirnya, aku kembali menjadikan blogku tempat menulis yang santai. Yang suka-suka hatiku. Meski tetap terus berniat, suatu hari ingin ikut di kopdar KEB, suatu saat pengen bisa ketemu para admin dalam ruang dan waktu yang penuh hikmah bahkan ingin sekali suatu waktu bisa aktif berkenalan dengan semua anggotanya, minimal sebagian kecil dari mereka sudah kukenal.

Bagiku, KEB adalah sebuah wadah untuk menggali informasi, belajar dari para ibu-ibu sekalian dari soal sepele seperti masakan hari ini, hingga yang berat-berat terkait istilah blog atau program komputer. Super komplit dan super baik-baik emak-emaknya.

Aku berdoa, semoga  ke depan, KEB semakin keren. Aku ingin bisa ikut dalam proses itu. Meski terseok-seok, bagiku KEB bisa menjadi penyumbang "darah segar" untuk kemampuanku ngeblog. sebagai blogger pemula, atau blogger imitasi ini.

3 tahun penuh karya

Sukses juga untuk KEB yang ke 3 tahun ya! Super banget... 3 tahun sudah penuh dengan karya keren. Mencerdaskan emak-emak Indonesia seantero bumi. Menjadi melek tehnologi secara bersama-sama.

Sungguh Super!


25 comments:

  1. uni kayaanya seneng ya gabung di KEB, saya boleh ikutan hehe..

    ReplyDelete
  2. @ Lina

    Duh emang bagus komunitas itu Lina. Sama nyamannya dengan PBA... bedanya para adminnya gesit dan selalu memberi ruang belajar yang luas sekali.

    add aja groupnya di FB. uni belum tahu juga peraturan terbaru tentang anggota baru. coba klik link KEB yang uni buat di tulisan ini. mungkin ada.

    ReplyDelete
  3. Haaii uni Diaan.. Aku juga betaaah banget di KEB ini. Makminnya baik2 :)
    Salam kenal yaa...

    ReplyDelete
  4. saya juga belum pernah ketemu para admin KEb,semoga suatu saat..
    salam kenal mak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mak HM Zwan... iya, semoga bisa ketemu yaaa... saya beruntung bbrp kali ketemu mak injul :D. salam kenal juga mak! :)

      Delete
  5. Uniii... Multiply itu juga sesuatu banget buat aku. Bisa kenal uni, juga teman-teman hebat lainnya itu juga berkat MP.

    ReplyDelete
  6. Aku juga goblog dan jadi go blog mak. Yuuk belajar bareng insya Allah mudah bersama KEB

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ida... amin, mdh2an bisa paham blog lebih jauh sayanya :)

      Delete
  7. Aaah, senangnya membaca tulisanmu ini.
    Seperti yang pernah kubilang padamu, nulis saja sesuai dengan hatimu, sesuai dengan passionmu, yang penting update, karena kita nggak pernah tahu kapan rejeki lewat blog itu datang.
    Blogging with Heart, follow your passion, money will follow <3

    Thanks ya Dian, sudah berbagi tulisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak... gak mau kebebani ama target kalau di blog. tp pengen belajar lbh banyak lagi. pelan2 aja :D

      Delete
  8. halo Mak..salam kenal ya!

    hayu atuh kita go blog, aku juga masih pengen go blog teruus !

    met milad KEB ya!
    moga makin menginspirasi n selalu sauyunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak... mudah2an bisa belajar dr teman2 di KEB :)

      Delete
  9. Halo mbak dian, karyanya banyak, keren deh. Senang bisa mengenal mbak Dian di KEB :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mbak khalida...

      saya masih sering silent reader, dan terkadang tak meninggal jejak saat BW.. makasih sudah berkenan mampir...

      Delete
  10. Haey mak Dian. Waah, pantas aku jarang melihat namamu berseliweran di wall FB Group. Mulai sekarang, sering2lah muncul ya, mak. Nggak usah sungkan apalagi malu-malu. Ada banyak yang bisa mak Dian share di group, yang siapa tau akan sangat bermanfaat untuk teman-teman. Dan yap… esensi ngeblog itu memang berbeda setiap orang. Apalagi jaman sekarang, di mana blog sudha banyak dilirik brand. Tapi kalau aku pribadi sih tetap melihat blog adalah sebagai rekam jejak dari apa yang aku rasa dan pikirkan. Insha Allah kelak anak-anakku akan tau bahwa emaknya adalahs eorang blogger. Adapun job review dan lainnya, itu hanyalah bonus dari sebuah konsistensi.

    Eyalah, kepanjangan komennya, maaf ya, mak. Hihihi. terima kasih untuk pasrtisipasinya dalam HUT ke-3 ini, semoga makin betah di KEB ya. Salam hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. in sha Allah betah makmin mira..hehehe

      hanya kadang suka gak enak hati sama teman2 sesama blogger, kadang baca tulisan mereka, tapi gak ninggalin jejak...

      tapi, KEB emang keren... saya belajar banyak dari blog2 emak2 di sana..:)

      Delete
  11. uni diann...saling berbagi kunjungan blog ya hehe
    http://duniariabuchari.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. uni dian apa kabar..keren uni blognya..saling mengunjungi ya uni.. tengokin blog sederhana aq ya uni dian :)
    http://duniariabuchari.blogspot.com/

    ReplyDelete
  13. @makmin Mira.. duh makasih sudah mampir.. iya tapi blog ini memang diniatkan hanya untuk tulisan serius penulisan gitu.. yang satu lagi, www.oenidian.blogspot.com itu baru untuk rekam jejak sebagai seorang ibu...

    semoga masih bisa intip2 semua blog di KEB.. makasih sudah mampir yaaa

    ReplyDelete
  14. @mbak khalida.. makasih banget sudah mampir yaaa...

    ReplyDelete
  15. @ria in sha Allah dimampirin y a.. maaf banget, uni kadang gak sempat ngeblog apalagi BW nih.. tapi diniatkan sebulan 1-2 kali posting...:)

    ReplyDelete
  16. info yang menarik untuk d simak terimaksih
    http://goo.gl/J0uyNs

    ReplyDelete

Patah Hati Berbuah Domain Diri

Berdiri di samping banner buku " Dan Akupun Berjilbab" yang aku susun.
Isi buku ini berasal dari lomba "Jilbab Pertama"
yang aku gusung di Multiply tahun 2010, terbit 2011 akhir dan best seller di tahun 2012.


Aku sudah lama mengenal blog. Sekitar awal tahun 2004. Sebelumnya cukup rajin menuliskan kisah dan curhatan hati di blog milik (alm) Friendster.

Belajar ngeblog dengan lebih rutin justru di Blogspot, dan kemudian makin intens di Multipy, yang sebentar lagi akan "membunuh diri".

Aku benar-benar patah hati, ketika tahu Multiply tak akan lama bisa dinikmati. Nyaris pertengahan bulan Ramadan tahun 2012, aku menghentikan tulisanku di sana. Sibuk menyimpan file-file dan akhirnya migrasi ke Blogspot lamaku, dan menjajal areal baru di Wordpress.


Tapi aku kehilangan gairah ngeblog.
read more