Jan 14, 2015

Kembali Ngeblog, Setelah Kangen "Go Blog"

Penampakan home multiplyku


Aku kenal blog itu sekitar tahun 2004 atau sebelumnya. Lupa. Nyaris 10 tahun aku menyukai diary online, demikian aku menyebutnya dulu.

Bertahun aku menulis yang gak serius. Hanya curhatan gak jelas, dan tulisan gak terarah.

Lalu aku buat blog unidian, di blogspot. Kalau nggak salah, kubuat waktu aku lagi di Malang. Sempat menulis setiap hari. Lalu ketemu Multiply di tahun 2007, langsung lupa sama Blogspot... Hehehe

Multiply is so cool! Aku pake akun Cambai di sana... *ini juga ada cerita lucu dibalik nama itu.

Aku menemukan dunia menulisku di sini.




Ikutan nulis tentang pengalaman hidup, kenalan dengan banyak penulis keren, nyoba audisi antologi pertama kali, menang berkali-kali lomba flash fiction, menebar kebaikan dengan ikutan kopdar dan komunitas, aaaaah.. Multiply itu gak ada matinya!

Salah satu hasil karyaku bersama teman-teman di Multiply.
Buku ini sempat best seller dan masuk cetakan ke 2 sekarang. 

Eh, tapi mati sih akhirnya Multiply... Hiks..

Tahun 2013, semua MPers bedol desa. aku pindah ke blogspotku lagi.

Aku lama patah hati. Hingga sempat tak ingin punya blog lagi. Namun akhirnya tahun 2013 itu aku memilih menggunakan domain name ku sendiri. maka lahirlah blog www.dianonasis.com.

Kisah tentang lahirnya blog ini ada di link berjudul "Patah hati berbuah domain diri" .

Tak lama kemudian, aku yang aktif di facebook, memilih bergabung dengan Komunitas Kumpulan Emak-emak bloger atau terkenal dengan nama KEB.

Waktu mau gabung, aku colek dulu salah satu adminnya, yang sebelumnya kukenal di komunitas Penulis Bacaan Anak dan satu kelas di Kelas Ajaib 2012. Yakni, nyolek Kak Injul dulu. Minta diaccept di group tersebut.

Setahun berlalu, aku hanya silent reader.

Setiap saat bisa main ke sana, aku ngiler lihat prestasi, isi dan informasi dari para anggota komunitas. Sungguh, betapa bangganya aku melihat para ibu-ibu (ada juga calon ibu-ibu) yang aktif, kreatif dan tanggif...eh tangguh dalam menjalani kehidupan sebagai blogger. Baik sebagai blogger yang sejati hingga imitasi.

Terus terang, kadang ada rasa malu juga. Hanya sesekali muncul dan main di komunitas tersebut. meskipun aku bergabung di blognya, di twitter dan group facebooknya. Karena konsentrasiku belum sepenuhnya pada blog.

Tahun ini, di 2015, aku terpikir untuk pelan-pelan aktif di blog. Meski belum bisa memahami seluk beluk blog dengan benar. Aku tidak paham apa itu SEO, apa itu blogger berbayar? atau apalah namanya yang bisa ngehasilkan uang dari ngeblog? Sungguh, dijelaskan berkali-kalipun, aku masih bingung. Kudu fokus. :D
SEO Basics for Bloggers - 10 Tips for Better Search Engine Optimization | Wonder Forest: Design Your Life.
Kayaknya belajar dari Pinterest.com juga asyik nih

Tentang Pagerank atau apa istilahnya terkait kepopuleran blog, yang berimbas pada banyaknya produsen yang tertarik untuk meminta blog kita mereview. Sungguh aku tak paham dan tak berani bertanya lebih lanjut, karena aku tahu, aku tak bisa membagi waktuku untuk ngeblog, menulis novel, ngajar kelas online daaaan, ngurus dua anak super aktif dalam 24 jam.. hehehe

Akhirnya, aku kembali menjadikan blogku tempat menulis yang santai. Yang suka-suka hatiku. Meski tetap terus berniat, suatu hari ingin ikut di kopdar KEB, suatu saat pengen bisa ketemu para admin dalam ruang dan waktu yang penuh hikmah bahkan ingin sekali suatu waktu bisa aktif berkenalan dengan semua anggotanya, minimal sebagian kecil dari mereka sudah kukenal.

Bagiku, KEB adalah sebuah wadah untuk menggali informasi, belajar dari para ibu-ibu sekalian dari soal sepele seperti masakan hari ini, hingga yang berat-berat terkait istilah blog atau program komputer. Super komplit dan super baik-baik emak-emaknya.

Aku berdoa, semoga  ke depan, KEB semakin keren. Aku ingin bisa ikut dalam proses itu. Meski terseok-seok, bagiku KEB bisa menjadi penyumbang "darah segar" untuk kemampuanku ngeblog. sebagai blogger pemula, atau blogger imitasi ini.

3 tahun penuh karya

Sukses juga untuk KEB yang ke 3 tahun ya! Super banget... 3 tahun sudah penuh dengan karya keren. Mencerdaskan emak-emak Indonesia seantero bumi. Menjadi melek tehnologi secara bersama-sama.

Sungguh Super!


Patah Hati Berbuah Domain Diri

Berdiri di samping banner buku " Dan Akupun Berjilbab" yang aku susun.
Isi buku ini berasal dari lomba "Jilbab Pertama"
yang aku gusung di Multiply tahun 2010, terbit 2011 akhir dan best seller di tahun 2012.


Aku sudah lama mengenal blog. Sekitar awal tahun 2004. Sebelumnya cukup rajin menuliskan kisah dan curhatan hati di blog milik (alm) Friendster.

Belajar ngeblog dengan lebih rutin justru di Blogspot, dan kemudian makin intens di Multipy, yang sebentar lagi akan "membunuh diri".

Aku benar-benar patah hati, ketika tahu Multiply tak akan lama bisa dinikmati. Nyaris pertengahan bulan Ramadan tahun 2012, aku menghentikan tulisanku di sana. Sibuk menyimpan file-file dan akhirnya migrasi ke Blogspot lamaku, dan menjajal areal baru di Wordpress.


Tapi aku kehilangan gairah ngeblog.
read more