May 19, 2013

Meluncurkan Naskah Ke Penerbit Haru


Ayo gabung bersama Penerbit Haru!
Punya naskah novel yang berlatar Korea, Jepang, Indonesia, Perancis atau dari belahan dunia manapun? Jangan khawatir, kami menerima semua naskah Anda melalui syarat-syarat berikut:
Syarat pengiriman naskah ke Haru
Jenis naskah yang dibutuhkan adalah naskah fiksi dengan genre drama, romanceromantic comedy, romance fantasysuspense/thriller.
1. Untuk pembaca remaja
2. Untuk pembaca dewasa muda
3. Untuk pembaca dewasa
Kelengkapan pengiriman naskah
  1. Naskah novel
    1. ukuran kertas A4
    2. margin standard
    3. Calibri 11, spasi 1,5
    4. 100-150 halaman
    5. Format data (word-> .doc ataupun .docx)
    6. Nama file naskah: Nama kamu_Judul Naskah. Contoh: Lia_Paper Romance.
  2. Sinopsis
  • Sinopsis adalah keseluruhan cerita dari awal sampai akhir. Melalui sinopsis redaksi harus tahu keseluruhan alur cerita sampai pada halaman terakhir. Jangan menyembunyikan akhir cerita karena sinopsis di sini bukanlah sinopsis komersial untuk di belakang buku.
  • Tulislah sinopsis maksimal 4 halaman A4 1,5 spasi dengan Calibri 11.
  • Nama file sinopsis: Nama kamu_sinopsis ‘judul naskah’. Contoh: Lia_Sinopsis Paper Romance.
3. Biodata penulis
  • Sertakan nama lengkap, TTL, alamat, no handphone, twitter, facebook, alamat blog/websiteserta prestasi dibidang penulisan termasuk novel yang sudah pernah diterbitkan secara nasional (oleh penerbit major) (JIKA ADA)
  • Nama file biodata: Nama kamu_biodata. Contoh: Lia_Biodata
Kirimkan semua kelengkapan naskah dalam satu email (semua file dilampirkan/attach, bukan di copy paste di body email) ke naskah.haru@gmail.comSubyek email adalah: Nama_Tanggal Pengiriman Naskah(Tanggal.Bulan.Tahun)_Judul Naskah.
Contoh: Lia_19122012_Paper Romance

Konfirmasi terbit naskah
Kami akan memberitahu apakah naskah Anda bisa terbit atau tidak terhitung 3-4 bulan sejak naskah Anda kami terima. Apabila Anda belum mendapatkan email konfirmasi, silahkan mengirimkan kembali atau bertanya melalui email yang sama.
Apabila naskah Anda diterima untuk diterbitkan, kami akan menghubungi Anda lebih lanjut. Naskah yang tidak kami terima akan secara otomatis dihapus dari komputer data kami.
Masih punya banyak pertanyaan tentang pengiriman naskah? Silahkan bertanya melalui twitter @penerbitharu. Ditunggu karya-karyanya ya!

Patah Hati Berbuah Domain Diri

Berdiri di samping banner buku " Dan Akupun Berjilbab" yang aku susun.
Isi buku ini berasal dari lomba "Jilbab Pertama"
yang aku gusung di Multiply tahun 2010, terbit 2011 akhir dan best seller di tahun 2012.


Aku sudah lama mengenal blog. Sekitar awal tahun 2004. Sebelumnya cukup rajin menuliskan kisah dan curhatan hati di blog milik (alm) Friendster.

Belajar ngeblog dengan lebih rutin justru di Blogspot, dan kemudian makin intens di Multipy, yang sebentar lagi akan "membunuh diri".

Aku benar-benar patah hati, ketika tahu Multiply tak akan lama bisa dinikmati. Nyaris pertengahan bulan Ramadan tahun 2012, aku menghentikan tulisanku di sana. Sibuk menyimpan file-file dan akhirnya migrasi ke Blogspot lamaku, dan menjajal areal baru di Wordpress.


Tapi aku kehilangan gairah ngeblog.
read more