Dec 1, 2012

Mereview 2012 dan Merangkai Rencana 2013

Me with some of my works... :) 



Dibandingkan tahun 2011 (lihat di sini ),  aku tidak terlalu produktif. Bisa jadi kondisi kehamilanku, serta kepergian Papa di awal tahun 2012, membuatku bergelung dalam duka, hingga harus beradaptasi lagi dengan dunia kepenulisan.


Namun, itu semua, tidak bisa terus-menerus menjadi alasan, untuk tidak berkarya. Apalagi dunia menulis sudah mantap aku pilih. (Saat ini aku telah mempertimbangkan untuk meninggalkan profesi dosenku.... InsyaAllah ini adalah keputusan paling berat yang pernah aku hadapi, bertahun untuk mengambil sikap) 


Tahun 2012 ini, ku ikuti banyak lomba menulis, dan nyaris tidak ada yang berhasil menang.

Sedih? Sudah pasti?

Putus Asa? No Way…

Aku termasuk orang yang belajar cepat dari kesalahan dan kekurangan yang kumiliki. Aku tak suka berlama-lama menganggap diri ini menderita. InsyaAllah itu yang kucanangkan di hati ini, terkait dunia tulis menulis.

Aku juga mengirim beberapa naskah, alhamdulillah 90% diantaranya sudah berujud buku. Yang belum kelihatan lagi adalah cerita pendek anak di majalah. Tapi tak apa, semua ada waktunya.

Banyak hal menarik yang kulakukan di tahun 2012. Berikut catatan yang berhasil aku himpun.

Ikut serta dalam lomba :

  1. Qultummedia, tentang ayah (tidak menang)
  2. Love Journey (di MP, tidak menang, tapi naskah ini sudah berujud buku berjudul Love Journey, dan tulisanku masuk salah satu dari 16 kontributor yang dipilih juri)
  3. Lomba FF Nineligths dengan tema Dangdut di Multiply. (Juara ke 2, dan insyaAllah akan aku upayakan menggenapi tugas dari pihak juri untuk menulis FF lain, agar bisa dijadikan buku. Ini kerjaan untuk awal tahun depan)
  4. Bikin lomba tentang kain gendongan batik, bareng mbak Tintin Syam di MP. (insyaAllah karya teman-teman yang ikut akan aku susun. Ini akan jadi proyek tahun depan. InsyaAllah. Karena aku masih berhutang dua naskah lagi pada teman-teman eks Multiplyers nih…hiks hiks..)
  5. Lomba dulux (tidak menang)
  6. Lomba blog BCA (tidak menang)
  7. Lomba Ruangkata.com tentang Pengalaman pribadi (tidak menang)
  8. Lomba blog tentang Xenophobia (hanya masuk 12 besar)
  9. Ikutan Audisi GWA, berhasil sampai tahap ke 10 (masuk 83 besar dari 780 peserta. Pengumuman lolos tidak lolosnya tahun depan. ^___^)


Aku juga mengirimkan sejumlah naskah :

  1. Naskah Antologi Muslimah Backpaker (masih menunggu kabar lebih lanjut)
  2. Naskah Odie 2 (telah terbit April 2012)
  3. Naskah K-Novel (telah terbit November 2012)
  4. Naskah Novak Fantasi (insyaAllah terbit triwulan pertama tahun depan)
  5. Naskah A Cup of tea For Writer (tidak lolos)
  6. 2 cerpen ke majalah Femina (menunggu kabarnya tahun depan)
  7. Naskah Twist Princess (Request penerbit. Penutup tahun, baru dikirim tgl 31 Desember 2012, kabar lebih lanjut tahun depan).
  8. 4 cernak ke majalah Bobo (belum ada yang terbit)
  9. Beberapa buku antologi juga ada yang terbit di tahun 2012 ini, tapi semuanya hasil karya selama tahun 2010-2011 :) 



Aku turut memberikan endorsement :

  1. Tentang Kendari (telah terbit beberapa bulan lalu)
  2. Tentang Turki (menunggu kabar penulisnya)


Terakhir, aku merambah dunia essay, yang sebenarnya tak begitu asing, karena awalnya sebagai dosen, aku terbiasa menulis essay. Hanya saja, keasyikan lain membuatku lama tak menulis essay lagi.

  1. Essay di Majalah Pena, milik komunitas mahasiswa Indonesia di Arab Saudi
  2. 5 tulisan (setiap hari) tentang Pernik Ramadan di Jabartoday.com



Di tahun 2012 ini, aku mengikuti dua kelas online. Yakni kelas online Pic Book serta kelas online Ilustrasi. Keduanya belum menghasilkan satu karya, namun ilmunya sudah lumayan kudapat. Hingga tahun depan harusnya, aku sudah bisa memiliki buku bergambar dan buku yang aku bikin sendiri ilustrasinya. Amin

Demikian himpunan catatan selama tahun 2012 yang masih bisa kuingat. Ada juga catatan penting lainnya yang juga menjadi cerita duka di tahun 2012, yakni, akan hilangnya Multiply dari dunia maya. Membuatku sempat patah hati beberapa bulan. Namun kepergian Multiply ini juga yang membuatku berencana membuat website www.dianonasis.com

 . InsyaAllah akan selesai awal tahun 2013.

Sementara resolusiku di dunia menulis untuk tahun 2013, antara lain :

  1. Mencoba menulis naskah novel dewasa, ataupun cerita dewasa.
  2. Mengikuti kelas online editing, demi kepentingan pribadi terkait naskah-naskahku. (InsyaAllah ikut dalam kelas onlinenya teh Ary per 1 Februari 2013)
  3. Mencoba mempelajari media massa dengan lebih baik lagi. Sehingga bisa menulis tentang perjalanan-perjalanan yang aku lakukan dan kirim ke media massa.
  4. Tetap fokus pada dunia cerita anak, meneruskan draft-draft novel anak yang sudah terhimpun di file, serta menggali cerita-cerita anak lebih banyak lagi.
  5. Mempelajari pic book dengan lebih baik.
  6. Membayar hutang-hutang naskah yang sudah terbengkalai selama bertahun-tahun.
  7. Menyelesaikan beberapa naskah yang sudah dijalani saat ini.
  8. Memiliki website, dan lebih konsisten ngeblog, terkait dunia menulis.
  9. Memaksimalkan penggunaan FB (dunia maya) hanya untuk dunia menulis.


Someday…, aku ingin, semua orang mengingatku melalui buku-buku. Tidak mengingatku karena gagal menyelesaikan program Doktor, tidak juga karena terkait pekerjaan sebagai dosen, ataupun hanya sebagai perempuan biasa-biasa saja.


Aku ingin diingat jejakku, 

melalui tulisan-tulisan. Amin.


Desember, 2012.

Patah Hati Berbuah Domain Diri

Berdiri di samping banner buku " Dan Akupun Berjilbab" yang aku susun.
Isi buku ini berasal dari lomba "Jilbab Pertama"
yang aku gusung di Multiply tahun 2010, terbit 2011 akhir dan best seller di tahun 2012.


Aku sudah lama mengenal blog. Sekitar awal tahun 2004. Sebelumnya cukup rajin menuliskan kisah dan curhatan hati di blog milik (alm) Friendster.

Belajar ngeblog dengan lebih rutin justru di Blogspot, dan kemudian makin intens di Multipy, yang sebentar lagi akan "membunuh diri".

Aku benar-benar patah hati, ketika tahu Multiply tak akan lama bisa dinikmati. Nyaris pertengahan bulan Ramadan tahun 2012, aku menghentikan tulisanku di sana. Sibuk menyimpan file-file dan akhirnya migrasi ke Blogspot lamaku, dan menjajal areal baru di Wordpress.


Tapi aku kehilangan gairah ngeblog.
read more